Sabtu, 18 April 2015

PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KEBERBAKATAN: BONEKA HORTA



Nama  : Novia Sari
Npm   : 18514058
Kelas  : 1PA04





Sejarah Boneka Horta
             Boneka Horta, mungkin ada sebagian dari kalian sudah pernah mendengar boneka horta . arti dari nama boneka horta sendiri kependekan dari 'horti kultural'. Penemuan boneka rumput ini dimulai dari penelitian sekelompok mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) Bogor, Jawa Barat – yang dimotori oleh Gigin Mardiansyah, Nisa Rahmania, dan Asep Rodiansyah. Boneka Horta merupakan hasil inovasi pertama di Indonesia yang dibuat secara masal dengan menggabungkan elemen permainan dan elemen edukasi yang bertema tanaman. Sejarah dari usaha ini berawal dari Program Kreatifitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan, kemudian lolos dan didanai. Dengan dana itu mereka melakukan riset dan mengembangkan usaha Boneka Horta dan saat ini telah menjadi CV dengan nama d’creatif. Ide awal pembuatan boneka Horta ini sebetulnya dari dosen IPB, Dr Ni Made Armini Wiendy, yang ingin membuat media edukasi buat anak-anak supaya mengenal tanaman sejak dini. Kemudian, Gigin dan keenam rekannya tertarik untuk membuat boneka karena dinilai tepat dan menarik untuk menjadi media edukasi bagi anak-anak.
Sekarang Boneka Horta menjadi salah satu usah kecil mikro menengah yang ada di Indonesia yaitu usaha kerajinan tangan (Handicraft). Adapun pengertian kerajinan tangan adalah kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan). Kerajinan yang dibuat biasanya terbuat dari berbagai bahan. Dari kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda seni maupun barang pakai. Contoh daerah yang termasuk sentra kerajinan tangan di Indonesia adalah Kota Bogor.

            Cara Pembuatan Boneka Horta
                 Cara membuat boneka horta dapat dikerjakan oleh semua kalangan umur, apalagi dikerjakan oleh anak usia sekolah, karena dapat mengajarkan anak untuk berwirausaha, dapat mengasah kreativitas anak usia sekolah serta dapat melatih anak cara merawat tanaman yang dibuatnya maupun melatih anak untuk mengamati tumbuh kembang tanaman.
                         Berikut ini adalah bahan dan alat yang digunakan untuk membuat boneka horta.
Bahan
·                  Kaos stoking atau kain kasa halus
·                  Serbuk gergaji/serbuk kayu halus
·                  Pupuk
·                  Bibit rumput
·                  Benang / pita jepang (sebagai pengganti benang untuk mengikat)
·                  Hiasan pendukung seperti kancing, mata boneka, dan lain-lain
Cara Membuatnya
- Pertama masukkan bibit rumput ke dalam kaos stocking atau kassa pada posisi yang disuka (pada   bagian kepala boneka ataupun pada bagian punggung, dll).
- Campurkan pupuk dengan serbuk kayu gergaji.
- Isi campuran pupuk dan serbuk kayu gergaji kedalam kaos stocking atau kassa yang telah dibentuk menjadi bagian kepala, badan, tangan atau kaki.
- Satukan setiap bagian dengan cara menjahit dengan benang dan tambahkan hiasan (seperti gambar) sehingga berbentuk boneka.
- Rendam sebagian tubuh boneka yang diinginkan untuk ditumbuhi rumput sebentar saja.
- Lalu rawat dengan cara menjaga kelembaban beneka atau siram dengan air bila perlu.
 
               Proses tumbuh tanaman rumput kurang lebih 3 (tiga) hari. Jika tanaman rumput tumbuhnya tidak rata atau terlalu panjang dapat dibentuk dan pangkas rumput sesuai selera agar tampak lebih indah.

Tahapan Dalam Menumbuhkan Boneka Horta:
- Bukalah plastik pembungkus Boneka lalu rendam dalam air selama 1 jam dengan    posisi   terbalik.
- Taruh boneka di wadah, terhindar dari cahaya matahari langsung.
- Siram setiap hari. Setelah 4-7 hari rumput akan mulai tumbuh.
- Setelah 2 mingguan boneka boleh sesekali dijemur, tapi jangan terlalu lama . ini berfungsi agar rumput berwarna hijau cerah.
- Boneka tumbuh selama 2-3 bulan tergantung cara perawatan.. Jika masih dalam kemasan plastik Boneka Horta dapat bertahan selama 3-4 bulan sebelum ditumbuhkan  (masa kadaluarsa bibit)

              Tips Pertumbuhan Optimal :
- Minggu pertama pertumbuhan adalah masa yang paling penting. Jika pada minggu pertama tersebut boneka kekurangan air atau kondisi udara lembab, besar kemungkinan benih rumput tidak akan tumbuh, atau jikapun tumbuh tidak akan terlalu rimbun.
- Pada Minggu pertama jangan letakkan boneka pada tempat yang terlalu lembab dan atau terkena sinar matahari secara langsung.
- Untuk menghindari jamur yang tumbuh, apabila rumput sudah agak panjang ( lebih dari 1 minggu sesudah rumput tumbuh ) sesekali letakkan boneka tersebut di udara luar yang terkena sinar matahari. Jika berlumut karena kondisi lembab bisa dibersihkan dengan sikat.

Manfaat Boneka Horta
       Boneka Rumput Horta / horta = hortikultura adalah sebuah media tanam yang dikemas dalam bentuk boneka. Boneka ini dibuat untuk mengenalkan anak-anak ke dunia pertanian secara instan. Selain itu anak-anak dapat belajar mengamati pertumbuhan tanaman sambil bermain. Boneka ini juga bertujuan untuk mengenalkan cara menanam hidroponik atau menanam menggunakan media lain selain dari tanah. Boneka Rumput Horta ini bisa menjadi alternatif mainan baru yang edukatif, kreatif dan imajinatif. Manfaat lain nya seperti :
- Mengajarkan kedisiplinan yaitu melalui kedisiplinan dalam menyiram
- Melalui cara menanam tanaman ini anak dapat belajar mengenai cahaya. Sebab tanaman ini harus disimpan ditempat yang teduh pada minggu pertama karena cahaya dapat menghambat perkecambahan.
- Keberadaan boneka ini juga dapat mengajarkan tentang bisnis, karena banyak konsumen boneka horta ini yang memilih untuk menjualnya kembali.
- Bisnis tanaman, termasuk boneka horta saat ini banyak dicari para konsumen. Tingginya sosialisasi masyarakat untuk mencintai lingkungan,
- Guna mengurangi global warming menjadi keuntungan tersendiri bagi usaha ini untuk memasarkan produknya.
- Karena tinggi akan nilai mendidiknya maka banyak instansi sekolah yang menggunakan boneka horta untuk mengajarkan anak – anak untuk mencintai tanaman, dengan media berbagai bentuk boneka yang lucu dapat menarik minat anak- anak untuk bertanam dan mencintai lingkungannya.
- Belum banyaknya yang menjual sehingga peluang pasarnya masih sangat besar.
- Mengurangi pencemaran yang berasal dari limbah industry kayu.
- Mengenalkan cara menanam dan merawat tanaman kepada anak-anak dengan cara yang menarik.
- Meningkatkan rasa tanggung jawab, disiplin, imajinasi serta kreatifitas anak-anak.
- Meningkatkan kepekaan dan kecintaa anak-anak terhadap lingkungan dan alam sekitar.
- Ikut serta dalam upaya mengurangi pengangguran dan peningkatan ekonomi keluarga melalui program pembedayaan masyarakat.
           Kelebihan Boneka Horta
Bisnis tanaman termasuk boneka horta, saat ini banyak dicari para konsumen.tingginya sosialisasi masyarakat untuk mencintai lingkungan, guna mengurangi global warming menjadi keuntungan tersendiri bagi usaha ini untuk memasarkan produknya.

           Kekurangan Boneka Horta
- Banyak masyarakat yang belum mengerti proses perawatan boneka horta, untuk itu sebaiknya berikan panduannya secara lengkap. Karena konsumen yang produknya gagal tumbuh, biasanya akan menyampaikan complain kepada produsen atau si pembuat.
- Meningkatnya minat konsumen akan boneka horta, menciptakan persaingan pasar yang cukup ketat. Sehingga peluang untuk berebut pasar, semakin sempit.

Diatas telah dijabarkan mulai dari apa itu boneka horta, peluang bisnis yang ada, cara            membuat, kelebihan dan kekurangan dari boneka horta. Berikutnya saya akan membahas cara pemasaran boneka ini

             Cara Pemasaran Boneka Horta
- cara yang paling efektif adalah online shop, seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya banyak keuntungan dari online shop ini.
- Promosi dari mulut ke mulut, dari dulu sebelum ada online shop promosi ini yang paling efektif karena tinggal memerlukan biaya hanya dengan memiliki relasi atau teman maupun kerabat yang banyak maka akan lebih luas juga jangkauan promosinya.
- Mengikuti pameran, karena biasanya orang datang ke pameran untuk mencari benda benda unik dan boneka ini termasuk unik. Jadi peluang terjualnya akan besar

            Kesimpulan
Dalam berbisnis buat sesuatu yang baru agar terus dicari oleh konsumen. Selalu pikirkan hal-hal yang tidak terduga, karena konsumen selalu menginginkan sesuatu yang unik maka dari itu di dalam dunia bisnis sangat dibutuhkan inovasi akan suatu hal yang sudah ada. Contohnya seperti boneka horta ini, yang biasanya boneka hanya untuk pajangan namun ini dapat berfungsi untuk yang lainnya juga dan mengandung edukasi yang sangat kuat.





CONTOH BONEKA HORTA :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar