Kamis, 31 Desember 2015

Chapter 1 : INTERNET DALAM KONTEKS



PSIKOLOGI  DAN TEKNOLOGI INTERNET#
Chapter 1 : Internet dalam Konteks

 (re-upload: Syari Eka Hariyani/1a514603)


PENGANTAR
Internet telah berubah jauh dari adopsi awal oleh bisnis dan masyarakat umum sebagai sarana mencari dan bertukar informasi. Bab ini membahas tanggapan ini, yang didasarkan pada peristiwa yang terjadi lebih dari 500 tahun yang lalu, tapi ini yang membentuk sikap kami untuk inovasi, keyakinan kami dalam kebebasan individu, dan hubungan gelisah kita dengan mesin. Hal ini juga menunjukkan bahwa setiap perspektif kritis pada fungsi yang teknologi Internet telah memainkan (atau mungkin bermain) di lanskap baru media harus diinformasikan oleh pemahaman yang jelas tentang riwayat komunikasi.
KAMI CINTA KEADILAN KOLEKTIF DENGAN BARU
Kemampuan teknologi komunikasi yang terkenal untuk memusatkan perhatian kita pada hadir benar-benar bergantung pada motif yang sangat tua di masyarakat barat. Neil Postman (1985) mengingatkan kita untuk prevalensi motif ini di kritiknya , merenungkan diri kami untuk mati. Postman mengklaim bahwa dua kata yang paling berbahaya dari abad kedua puluh adalah "Sekarang ... ini." Antara lain, ia memperingatkan kita tentang cara modern yang menekankan Media hadir untuk menyangkal sejarah, keterhubungan, sebab dan akibat. Dia merasa desakan ini berbahaya pada sirkuit pendek kemampuan kita untuk mengevaluasi kedua media dan informasi yang mereka sampaikan. Dengan kata lain, dalam teknologi Terimbas "Dumbing-down," media massa mendorong kita untuk menyerap dan bereaksi, tapi tidak berpikir.
Apakah kita setuju dengan penilaian Postman tentang televisi sebagai Penyebab dan pembusukan intelektual dan sosial sebagai efek, kebanyakan ahli di bidang komunikasi akan setuju bahwa "sekarang-ness" telegraf, koran, telepon, radio, televisi, dan internet memang mempengaruhi cara kita memikirkan dan menggunakan mereka. Tak seorang pun, tampaknya, tertarik dalam berita semalam atau perang kemarin. Bahkan, beberapa bahkan ingat berita semalam. Dan kami semua ingin (atau merasa berkewajiban) untuk menjaga saat ini. Postman menyalahkan psikologi ini dari kontemporer di televisi, tapi sejarawan teknologi komunikasi mengakui bahwa, jauh dari itu menjadi lingkup teknologi, sekarang adalah motif budaya umum yang mendahului televisi oleh setidaknya 500 tahun.
Renasains, atau budaya "kelahiran kembali," yang mengikuti abad pertengahan fundamental mengubah cara orang Eropa melihat dunia: pandangan mereka berubah. Dan kapan mereka terfokus pada dunia di sekitar mereka, dunia sekarang, mereka memilih untuk melihat sebagai istirahat dengan masa lalu segera. Mereka mulai menghargai tidak hanya sekarang, tapi yang baru. Mereka memikirkan inovasi sebagai kemajuan. Penekanan revolusioner ini pada kehidupan kita , bukan pada kehidupan kita bercita-cita untuk setelah kematian adalah batu ujian yang dari zaman modern.
Seperti banyak ide-ide baru tentang dunia dan peran manusia di dalamnya, ide-ide ini dihasilkan kekacauan. Selama dua abad berikutnya, Eropa mengalami serangkaian kehancuran dalam perang. Orang-orang di Protestan dan Katolik kota mengepung satu sama lain; tentara dan massa meneror pedesaan, meledakkan dan merobohkan simbol kekuasaan dan kepercayaan milik iman saingan.
MENCIPTAKAN DIRI
Ketika humanis abad pertengahan berpendapat untuk menilai pengalaman hidup, mereka benar-benar berdebat untuk nilai manusia. Daripada berkonsentrasi pada abstrak diskusi teologis, mereka lebih suka mempelajari manusia sebagai bagian dari alam, karena mereka percaya bahwa "manusia adalah ukuran dari segala sesuatu." Argumen mereka adalah diberikan substansi oleh penciptaan gereja Protestan, yang diformalkan dan memberi wewenang kepada konsep individu. Akibatnya, Gereja Lutheran memiliki dihilangkan fungsi 1000 tahun. orang percaya sekarang bisa berkomunikasi langsung dengan Tuhan, tanpa intervensi, atau mediasi, dari pihak ketiga.
Namun, dengan kebebasan individu datang tanggung jawab individu. Awalnya, ini dipahami sebagai tugas spiritual. Tanpa perantaraan seorang imam, individu diperlukan untuk mengembangkan hubungan pribadi dengan Tuhan. Titik awal belajar membaca Alkitab. Humanisme mendorong setiap orang untuk mencari kebenaran di mana-mana, bukan hanya dalam teks-teks suci. Metode canggih dikembangkan untuk merekam pengamatan dari kedua dunia luar dan umat manusia. Akhirnya, cara ini mengetahui alam, dan manusia sebagai bagian dari dunia.
Kemudian, seperti sekarang, orang merasa perlu untuk mendefinisikan bagaimana manusia berbeda dari hewan,Dan bagaimana manusia berbeda dari mesin. Apakah manusia hanya satu himpunan bagian? Tentunya, hewan tidak memiliki jiwa. Tentunya, mesin tidak memiliki percikan yang membuat manusia sadar diri. Ketika Rene Descartes menyatakan, "Saya pikir, karena itu aku," dia berpidato dan pertanyakan ini. Untuk Descartes dan banyak lainnya karena ini kemampuan untuk menjadi sadar diri yang mendefinisikan  manusia.
Memang, itu adalah pertanyaan yang telah berlangsung, sebagaimana dibuktikan oleh banyak fantasi dan buku fiksi ilmiah, film, dan permainan internet yang terus mengeksplorasi interaksi antara hewan, mekanik, dan manusia. Kami masih khawatir, misalnya, tentang berapa banyak waktu yang kita habiskan dengan mesin,terutama orang-orang yang muncul untuk berpikir atau berkomunikasi.  Dengan kata lain, melalui kesadaran diri dan pengendalian diri, manusia bisa mengatasi alam.
MANUSIA DAN MESIN˗SALING BERHUBUNGAN
Renaissance penemuan "diri" dan "baru" pasokan dua komponen dari peta konseptual untuk memahami tanggapan kontemporer masyarakat untuk Internet. Selama lima abad terakhir, di dunia dan hal baru. individu kebebasan telah menjadi nilai-nilai sosial sangat mendarah daging meskipun keinginan mereka, harus seimbang terhadap kebutuhan masyarakat untuk stabilitas dan kontrol. Terlalu banyak perubahan sosial, terlalu banyak kebebasan individu, dapat mengancam tatanan sosial. Sebuah konsisten kapitalis untuk tipe keseimbangan antara apa yang masyarakat dapat menampung dan apa tidak dapat adalah inovasi teknologi.
Namun, selama dua abad berikutnya, jam mekanik diasumsikan terkontrol belum pernah terjadi sebelumnya terhadap tubuh manusia. La Mettrie 1744 publikasi L'Homme-Machine membandingkan tubuh manusia dengan mesin yang rumit dapat belajar, dikontrol, dan digunakan sebagai alat kekuasaan. Dalam Disiplin dan Menghukum (1977), Michel Foucault menulis bahwa, di abad kedelapan belas Perancis, konsep baru yang disiplin telah dikembangkan.
Pembuat automata seperti ini sering terobsesi dengan membuat boneka mereka menganggap sebagai manusia hidup mungkin.
Tidak pernah cukup hidup dan belum pernah mati, automata abad kedelapan belas, atau imitasi kehidupan, mengangkat pertanyaan mendasar tentang apa yang hidup dan tentang bagaimana hal itu bisa diciptakan. Bisa manusia benar-benar membuat hidup dari benda mati? Dan jika mereka bisa, apakah mereka berani? Mary Shelley Frankenstein (1818, 2003) ditulis pada awal abad kesembilan belas ketika ia mengunjungi Swiss. Apakah dia melihat automata Droz atau tidak, novelnya tentang penciptaan kehidupan resmi artifi harus dipahami dalam konteks keprihatinan populer tentang hubungan antara manusia, mekanik, dan ilahi. Ini adalah kekhawatiran yang tidak pernah meninggalkan kita.
MEMPERDALAM AMBIVALENSI
Dari abad kesembilan belas dan seterusnya, hubungan antara kemajuan, teknologi, dan individu telah menjadi semakin bermasalah. Meskipun kecepatan inovasi teknologi di abad kedua puluh sudah meningkat, masyarakat Barat masih cinta dengan ide sekarang. kosakata kita cukup penuh dengan istilah-istilah seperti terobosan - terobosan, dan terdepan. Sebagai masyarakat, kita masih baru  istirahat dari masa lalu,kita masih menyamakannya dengan kemajuan, dan kami masih bertindak seolah-olah kemajuan akan membawa kita ke dunia yang lebih baik. Kami merasa baik secara keuangan dan keharusan moral untuk merangkul sesuatu yang baru. Tapi kita juga dihantui oleh efek teknologi pada individu dan masyarakat secara keseluruhan. Kami merasa itu menceraikan kita dari alam, yang mencegah kita dari mengetahui diri kita sendiri, yang mengontrol hidup kita.
Divisi baru yang kerja di masyarakat industri berarti bahwa orang memiliki sedikit kontrol atas hasil kerja mereka dan sedikit kontrol atas tubuh mereka sendiri. Rasa kekuatan individu yang telah dihasilkan oleh gagasan humanisme telah berubah menjadi salah satu dari ketidakberdayaan. Hal ini umum untuk menyalahkan perubahan hubungan antara manusia, kemajuan, dan teknologi pada Revolusi Industri. Namun, seperti Franklin menunjukkan, perubahan ini merupakan bagian dari pola sosial yang telah ada selama berabad-abad di Eropa. Dia menulis bahwa, meskipun "abad kedelapan belas dilakukan kontrol dan dominasi mengenai tubuh manusia sebagai mesin, abad kesembilan belas mulai menggunakan mesin sendiri sebagai instrumen kontrol" (hal. 62). Untuk pemilik pabrik, mesin tampak lebih dapat diprediksi dan dikendalikan daripada orang. karena itu, mereka lebih bersedia untuk menghilangkan para pekerja yang dapat digantikan oleh mesin dan sama-sama bersedia untuk memaksa para pekerja yang tersisa untuk bekerja seperti mesin.
Franklin setuju bahwa teknologi pada umumnya dan teknologi komunikasi khususnya yang tidak netral, tapi katalis untuk kontrol. Dia mengklaim bahwa teknologi biasanya diperkenalkan kepada masyarakat umum dalam dua tahap. Pada tahap pertama, teknologi ini menjadi pilihan bagi orang kaya, spesialis, atau para penggila. Ini sering muncul menjadi  promotor yang mengklaim bahwa itu akan membebaskan pengguna dalam beberapa cara atau membuat pekerjaan mereka / hidup lebih mudah.
Franklin dan Rowland mengingatkan kita bahwa pengenalan teknologi komunikasi telah mengikuti pola teknologi umum yang diuraikan sebelumnya. Dari telegraf radio ke Internet dan CD-ROM, kebanyakan teknologi komunikasi yang dikembangkan pertama untuk militer dan kemudian untuk penggunaan komersial. Dalam kebanyakan kasus, pemerintah telah diaktifkan, dibangun, atau mempertahankan jaringan distribusi untuk teknologi tersebut dalam konser dengan monopoli komersial (atau setidaknya sangat terbatas kompetitif lapangan).  karena itu sangat terlibat dalam efek-efek teknologi terhadap masyarakat, meskipun mereka mungkin bersusah payah untuk menganggap netral, atau peraturan, jarak dari teknologi.
DAN SEKARANG . . . INTERNET
Pengenalan Internet tampaknya mengikuti pola dua-fase yang digariskan oleh Ursula Franklin. Ini dikembangkan dalam menanggapi masalah strategis yang diajukan ke think-tank Amerika, Rand Corporation, selama 1960-an. Bagaimana pemerintah bisa menjaga informasi dan menjaga ketertiban di Amerika Serikat setelah perang nuklir jika teknologi komunikasi konvensional hancur? Jawabannya adalah untuk menciptakan sistem jaringan tanpa kontrol pusat, yang begitu berlebihan yang tidak akan masalah jika bagian dari itu hancur.
Sebagai respon militer untuk Perang Dingin, teknologi internet adalah lingkup pertama tentara dan kemudian universitas. Pada tahun 1969, empat universitas dengan kontrak Departemen Pertahanan yang terhubung ke jaringan. Pada 1972, ada 37 node pada jaringan. Karena jumlah pengguna dikalikan, jaringan mulai berubah. Awalnya dirancang sebagai jaringan komputer-sharing, Advance Research Projects Agency, atau ARPANET, telah menjadi kantor pos untuk pesan pribadi dan pusat konferensi bagi para peneliti untuk mendiskusikan pekerjaan mereka dan berkolaborasi dalam proyek. Antusiasme untuk sistem baru ini komunikasi jarak jauh menangkap. Orang bekerja di waktu luang mereka untuk merancang perangkat lunak yang akan membuat Internet lebih mudah dan lebih cepat untuk digunakan. Karena pengguna awal adalah akademisi, tujuan mereka adalah untuk mengembangkan jaringan gratis dengan berbagi informasi publik. Tidak ada keraguan bahwa internet telah menghasilkan budaya heroik sendiri. Tapi sebagian besar penggunanya bukan bagian dari lingkaran dalam istimewa.
Yang pertama ini, dan mungkin yang paling banyak diingat, adalah bahwa internet adalah semacam jalan raya yang membawa informasi. Kehidupan metafora awal ini dapat dengan cepat dan informal diikuti dengan menggunakan istilah pencarian "Informasi Jalan Raya" dan "Internet." Untuk tujuan esai ini, database akademik, Expanded Akademik secepatnya digunakan. Database ini khusus berisi artikel dan bab dari koran dan majalah populer serta dari jurnal ilmiah dan buku.
MENGAMBIL PELAJARAN DARI RADIO
Kecepatan di mana  internet telah berkembang kami terkejut. Tapi itu tidak harus memiliki. itu telah semua terjadi sebelumnya, dengan radio. Kita lupa, karena kami terlalu fokus pada sekarang dengan teknologi komputer. Jadi, meskipun Wade Rowland menulis bahwa internet adalah "teknologi tanpa preseden," dia benar-benar mencurahkan enam bab masing-masing untuk radio dan internet, membuat sindiran yang jelas untuk cara paralel mereka telah mempengaruhi kita sebagai individu dan sebagai makhluk sosial. Dengan menarik perhatian kita pada hubungan historis antara radio dan internet, Rowland mencoba untuk memperbaiki efek dari sekarang. Jika kita melihat internet, kemudian, sebagai dua arah, jarak jauh teknologi komunikasi yang tersedia untuk masyarakat umum, radio menyediakan model pertama bagaimana teknologi tersebut mempengaruhi masyarakat. Tapi ketika kita mempelajari sejarah awal radio (ketika itu benar-benar media interaktif dua arah), kita menemukan sebuah fakta menarik dalam waktu 20 tahun dari penemuan radio, infrastruktur telah ditetapkan di tempat untuk mengambil kendali dari rata-rata orang.
Seperti Internet, radio mulai sebagai alat komunikasi untuk penggunaan militer yang segera menarik minat dari kedua perdagangan dan amatir antusias yang sangat terlatih. Di Eropa dan Amerika Utara, radio digunakan oleh angkatan laut dan industri perkapalan untuk komunikasi maritim jarak jauh. Seperti Internet, pengguna pertama dari teknologi baru ini adalah laki-laki muda yang sangat terampil bekerja di posisi istimewa. Dan, juga seperti Internet, teknologi baru segera dikembangkan.
Dunia maya dari kedua media penting untuk dicatat. Pada pergantian abad kedua puluh, gelombang udara yang ditawarkan anak dan pemuda merupakan lahan virtual yang tak terbatas untuk eksplorasi dan petualangan. Ketika mereka disetel, mereka tidak pernah tahu di mana mereka, apa penemuan menarik mereka akan membuat, siapa mereka akan bertemu siapa mereka, apa kejadian aneh mereka akan menyaksikan. Mereka tidak pernah tahu kapan giliran mereka akan datang untuk menyelamatkan nyawa. Seperti Internet, penggunaan nama samaran dan modus pengiriman adalah menyamaratakan besar.
BELAJAR NET
Sebagai masyarakat, kita membayar harga untuk mencurahkan begitu sedikit perhatian terhadap sejarah teknologi kita sendiri. Bagian dari harga itu adalah bahwa kita secara teratur bingung perbedaan antara satu arah dan teknologi komunikasi dua arah. Dan dengan demikian, kita salah paham dinamika antara manusia dan teknologi baru. Jadi, sekarang Internet adalah bagian dari tren historis yang mencegah kita dari menghubungkannya dengan perkembangan yang sama dan efek pada masa lalu. Hal ini terutama terjadi karena, tidak seperti teknologi komunikasi lainnya, Internet telah berkembang seperti sihir di depan mata kita. Kecepatan dan sifat metamorfosis ini adalah baik menarik dan menakutkan, tergantung bagaimana kita menempatkan diri kita dengan hormat untuk mengubah  teknologi komputer. Jika kita tidak rhapsodizing harian tentang setiap aplikasi Internet yang baru, kita khawatir tentang dampaknya pada kita sebagai individu dan sebagai masyarakat.
Jika kita melihat Internet dari sudut pandang determinisme teknologi, kita mengasumsikan bahwa teknologi mempengaruhi semua pola aktivitas manusia dan bahwa perubahan teknologi merupakan perubahan yang paling penting dalam masyarakat. Setiap teknologi memiliki karakteristik yang melekat tertentu yang mengarahkan penggunaannya. Bahkan, setiap periode tertentu dari sejarah dapat mendefinisikan teknologi yang digunakan pada saat itu.
Ketika mempelajari hubungan antara masyarakat dan Internet, perspektif determinis mungkin menyebabkan kita untuk mengklaim bahwa kita sekarang menjadi masyarakat digital; bahwa cara kita berpikir, bertindak, dan berinteraksi diatur oleh cara kita berkomunikasi menggunakan teknologi jaringan digital. Kata dan frasa dari teknologi tertentu membuat jalan mereka ke kosa kata kita, membentuk kembali cara kita melihat dunia. Mode tertentu komunikasi yang dibuka untuk kita dan orang lain ditutup karena teknologi dominan. Titik ekstrim pandang pada determinisme teknologi, seperti yang diambil oleh Jacques Ellul (1964), berpendapat bahwa teknologi bahkan telah diambil pada kehidupan sendiri terpisah dari badan manusia. Ellul mungkin pendukung paling penting dari gagasan bahwa teknologi adalah di luar kendali. Dia akan mengklaim bahwa kreasi teknologi manusia memiliki disengaja, kualitas diri menentukan sendiri. "Pada saat ini, teknologi telah tiba di titik tersebut dalam evolusinya yang sedang berubah dan maju tanpa intervensi yang menentukan oleh manusia" (hal. 85). Banyak akan membuat klaim serupa tentang Internet.
Determinisme teknologi kurang mempertimbangkan konteks sosial atau aksi individu. Jadi, cara kedua menganalisa dampak dari teknologi komunikasi adalah untuk mengambil "kegunaan dan kation gratifi" pendekatan. Psikolog sosial dan komunikasi ulama sering menggunakan kerangka teori ini sebagai sarana menyeimbangkan determinisme teknologi dengan agensi manusia. Penggunaan dan kation gratifi mengadopsi sikap bahwa orang dapat memilih untuk menggunakan teknologi atau tidak, atau bahkan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan mereka sendiri. Ini cara memeriksa hubungan antara teknologi dan masyarakat mengeksplorasi pertama jenis dan tingkat kebutuhan manusia dan kemudian cara di mana kita mencoba untuk memuaskan mereka.
RINGKASAN
Teknologi internet tampaknya telah mengambil linguistik dan narasi terus di masyarakat barat. Mitos asal berada di tempat. Internet spesifik  leksikon telah dikembangkan. Metafora yang menjembatani teknologi lama dan baru telah melayani tujuan mereka dan telah dibuang. Tahap kedua dari inovasi teknologi yang digariskan oleh Ursula Franklin (1990) tampaknya telah dicapai, infrastruktur telah dibangun dan penggunaan internet telah menjadi lebih atau kurang. Remediasi, seperti diasumsikan oleh Bolter dan Grusin (1999), tampaknya sedang berlangsung. Teknologi internet telah mengadopsi bentuk dan fungsi dari beberapa teknologi yang sudah ada sebelumnya; radio adalah salah satu contoh. Dan teknologi lainnya telah mengambil atribut Internet untuk bertahan hidup; televisi datang ke pikiran.

Selasa, 05 Mei 2015

MOTIVASI- EMOSI- EKPRESI TERHADAP EMOSI

NAMA                 : Novia Sari
NPM                     : 18514058
KELAS                : 1 PA 04

TUGAS PSIKOLOGI UMUM

1. Diet karena ingin telihat lebih kurus dan terlihat menarik.

Anissa adalah mahasiswi yang mempunyai berat badan 66 kg. Anisa mempunyai paras muka yang cantik dan mempunyai rambut yang indah. Anisa adalah salah satu anak yang pintar di kelasnya. Dia meraih IP dua tertinggi di kelasnya. Tapi saying sekali, Anisa mempunyai tekstur  badan yang kurang ideal untuk se-usianya. Teman-teman Anisa sering sekali mengajak Anisa untuk pergi makan. Tapi Anisa sudah mencoba beberapa kali untuk menolaknya. Dikarenakan Anisa ingin sekali diet(menurunkan berat badan). Banyak hal yang dilakukan Anisa untuk menurunkan berat badan nya. Salah satunya dengan sering berolahraga, dan mengurangi makan malam. Anisa ingin sekali berat badan nya turun, Karena dia ingin sekali menjadi kurus, seperti kebanyakan idaman para lelaki di zaman kini. Anisa ingin tampil beda dan menarik dari sebelumnya, apalagi sekarang dia sudah beranjak 24tahun, dilihat dari sisi usia sudah memasuki usia pernikahan. Dan Anisa termotivasi untuk tampil beda dan kurus ketika nanti dia menikah.

Sedangkan yang di maksud Motivasi adalah kecendrungan organisme untuk melakukan sesuatu atau sikap dan perilaku yang di pengaruhi oleh kebutuhan dan di arahkan pada tujuan positif yang telah di rencanakan individu.

Biasanya, faktor yang mempengaruhi terdorongnya Motivasi adalah factor internal; kebutuhan fisiologis kepuasaan terhadap sesuatu. Anisa ingin kurus dan terlihat menarik karena Anisa ingin memenuhi kebutuhan fisiologis nya. Dia ingin tampil berbeda dari sebelumnya, dengan terpenuhinya kepuasaan tersebut dia merasa senang. Dan dia merasa dengan berhasilnya diet tersebut, dia bebrhak menerima penghargaan(reward) yaitu dia terlihat kurus dan menarik kemudian di puji oleh semua teman wanita/pria nya dan dia bisa mengakhiri masa jomblonya.

Anisa merasa banyak yang mengejek dirinya, tetapi dengan banyak yang mencemoohkan dirinya dia mempunyai perasaan yang kuat (emosi) sehingga Anisa merasakan emosi yang mendorong dirinya untuk terus berusaha agar dirinya bisa kurus secepat mungkin biar teman-teman tidak mencemoohkan dirinya(tujuan positif). Emosi adalah reaksi kompleks yang mengandung aktivitas dengan derajar yang tinggi, adanya perubahan dalam kejasmiaan serta berkaitan dengan perasaan yang kuat.

2. Seorang pelawak yang biasanya terlihat selalu bahagia, padahal kita tidak tau emosi apa yang sedang di ekspresikan pelawak tersebut.

Angel adalah seorang pelawak yang sering tampil di TV daerah. Angel selalu menyampaikan lawakan yang dapat membuat satu studio tertawa melihat dan mendengar lawakanya. Seorang pelawak sudah seharusnya menunjukan paras muka yang bahagia dan penuh kegembiraan di depan umum. Tanpa kita sadari Angel sedang patah hati, tetapi dia bisa menutupi kesedihan nya dengan lawakan nya.

            Ketika Angel sedang memberikan lawakan, ada seorang penonton yang berteriak ‘lawakan lo gak lucu’ mendengra itu, angel tetap meneruskan lawakan nya dan dapat tertawa kembali.

            Secara teori, raut muka yang kita lihat pada angel adalah penilaian, aktivitas mengindera dan menerima penilaian terhadap stimulus yang kita lihat (persepsi). Ekpresi emosi yang dilakukan adalah ekpresi wajah. Emosi pada seseorang memiliki dampak yang besar pada orang lain ketika seseorang mengekpresikannya dalam cara yang dapat di terima orang lain,  kita menerima respon/stimulus dalam cara yang benar, mungkin dengan ekspresi emosi kita sendiri. Di samping apa yang dikatakan dan cara orang mengatakanya adalah factor utama persepsi dalam emosi, gerakan tubuh juga sebagai clue(tanda) dalam menginterpretasikan emosi orang lain.

Hal penting dalam isyarat-isyarat tubuh non-verbal adalah ekspresi muka. Apalagi ketika kita sudah menegtahui keistimewaan seseorang, akan sulit untuk mengetahui emosi apa yang sedang di ekspresikan orang tersebut.

Karena kita tau Angel sering kali terlihat bahagia, kita  dapat mempersepsikan angel adaah orang yang sering bahagia. Teori penilaian kognitif menyatakan emosi kita berasal dari penilaian, atau evaluasi tentang yang di terima dari situasi lingkungan Angel menyampaikan(tempat bahagia) atau yang berasal dari dalam tubuh(raut muka Angel).

Tetapi, bukan hanya ekpresi wajah, konteks situasi dimana Angel emosi itu terjadi, memberikan kita informasi bahwa Angel adalah orang yang bahagia, itu adalah penilaian kita terhadap emosi yang sedang Angel ekpresikan. Tetntu saja, satu studio bisa tau dan benar dalam penilaian mereka ketika ekpresi wajah dan konteks sesuai dengan situasi keduanya ada.

Kadangkala, ekpresi wajah dan konteks peristiwa member kita tanda yang berlawanan. Pengalaman menunjukan bahwa kita cenderung lebih mendasarkan diri pada ekpresi wajah atau perilaku nonverbal lainya daripada  konteks peristiwa dalam kita membuat penilaian. (Fridja dalam Morgan dkk.,1986).


Orang bisa belajar menekan ekspresi dari suatu emosi. Dan belajar memainkan peran besar dalam ekspresi menjadi emosi yang lebih halus dan tidak kentara. Orang belajar mengekspresikan emosi-emosi ini dalam cara yang berbeda. Sehingga kecuali kalau kita tahu keistimewaan seseorang, maka akan sulit bagi kita untuk mengetahui dengan tepat emosi apa yang sedang dieskpresikan oleh orang tersebut. Factor kedua yang menyebabkan komplikasi dari persepsi emosi adalah bahwa orang sering mengekspresikan beberapa emosi dalam waktu bersamaan, campuran emosi ini sulit untuk dinilai.





Sabtu, 18 April 2015

PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KEBERBAKATAN: BONEKA HORTA



Nama  : Novia Sari
Npm   : 18514058
Kelas  : 1PA04





Sejarah Boneka Horta
             Boneka Horta, mungkin ada sebagian dari kalian sudah pernah mendengar boneka horta . arti dari nama boneka horta sendiri kependekan dari 'horti kultural'. Penemuan boneka rumput ini dimulai dari penelitian sekelompok mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) Bogor, Jawa Barat – yang dimotori oleh Gigin Mardiansyah, Nisa Rahmania, dan Asep Rodiansyah. Boneka Horta merupakan hasil inovasi pertama di Indonesia yang dibuat secara masal dengan menggabungkan elemen permainan dan elemen edukasi yang bertema tanaman. Sejarah dari usaha ini berawal dari Program Kreatifitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan, kemudian lolos dan didanai. Dengan dana itu mereka melakukan riset dan mengembangkan usaha Boneka Horta dan saat ini telah menjadi CV dengan nama d’creatif. Ide awal pembuatan boneka Horta ini sebetulnya dari dosen IPB, Dr Ni Made Armini Wiendy, yang ingin membuat media edukasi buat anak-anak supaya mengenal tanaman sejak dini. Kemudian, Gigin dan keenam rekannya tertarik untuk membuat boneka karena dinilai tepat dan menarik untuk menjadi media edukasi bagi anak-anak.
Sekarang Boneka Horta menjadi salah satu usah kecil mikro menengah yang ada di Indonesia yaitu usaha kerajinan tangan (Handicraft). Adapun pengertian kerajinan tangan adalah kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan). Kerajinan yang dibuat biasanya terbuat dari berbagai bahan. Dari kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda seni maupun barang pakai. Contoh daerah yang termasuk sentra kerajinan tangan di Indonesia adalah Kota Bogor.

            Cara Pembuatan Boneka Horta
                 Cara membuat boneka horta dapat dikerjakan oleh semua kalangan umur, apalagi dikerjakan oleh anak usia sekolah, karena dapat mengajarkan anak untuk berwirausaha, dapat mengasah kreativitas anak usia sekolah serta dapat melatih anak cara merawat tanaman yang dibuatnya maupun melatih anak untuk mengamati tumbuh kembang tanaman.
                         Berikut ini adalah bahan dan alat yang digunakan untuk membuat boneka horta.
Bahan
·                  Kaos stoking atau kain kasa halus
·                  Serbuk gergaji/serbuk kayu halus
·                  Pupuk
·                  Bibit rumput
·                  Benang / pita jepang (sebagai pengganti benang untuk mengikat)
·                  Hiasan pendukung seperti kancing, mata boneka, dan lain-lain
Cara Membuatnya
- Pertama masukkan bibit rumput ke dalam kaos stocking atau kassa pada posisi yang disuka (pada   bagian kepala boneka ataupun pada bagian punggung, dll).
- Campurkan pupuk dengan serbuk kayu gergaji.
- Isi campuran pupuk dan serbuk kayu gergaji kedalam kaos stocking atau kassa yang telah dibentuk menjadi bagian kepala, badan, tangan atau kaki.
- Satukan setiap bagian dengan cara menjahit dengan benang dan tambahkan hiasan (seperti gambar) sehingga berbentuk boneka.
- Rendam sebagian tubuh boneka yang diinginkan untuk ditumbuhi rumput sebentar saja.
- Lalu rawat dengan cara menjaga kelembaban beneka atau siram dengan air bila perlu.
 
               Proses tumbuh tanaman rumput kurang lebih 3 (tiga) hari. Jika tanaman rumput tumbuhnya tidak rata atau terlalu panjang dapat dibentuk dan pangkas rumput sesuai selera agar tampak lebih indah.

Tahapan Dalam Menumbuhkan Boneka Horta:
- Bukalah plastik pembungkus Boneka lalu rendam dalam air selama 1 jam dengan    posisi   terbalik.
- Taruh boneka di wadah, terhindar dari cahaya matahari langsung.
- Siram setiap hari. Setelah 4-7 hari rumput akan mulai tumbuh.
- Setelah 2 mingguan boneka boleh sesekali dijemur, tapi jangan terlalu lama . ini berfungsi agar rumput berwarna hijau cerah.
- Boneka tumbuh selama 2-3 bulan tergantung cara perawatan.. Jika masih dalam kemasan plastik Boneka Horta dapat bertahan selama 3-4 bulan sebelum ditumbuhkan  (masa kadaluarsa bibit)

              Tips Pertumbuhan Optimal :
- Minggu pertama pertumbuhan adalah masa yang paling penting. Jika pada minggu pertama tersebut boneka kekurangan air atau kondisi udara lembab, besar kemungkinan benih rumput tidak akan tumbuh, atau jikapun tumbuh tidak akan terlalu rimbun.
- Pada Minggu pertama jangan letakkan boneka pada tempat yang terlalu lembab dan atau terkena sinar matahari secara langsung.
- Untuk menghindari jamur yang tumbuh, apabila rumput sudah agak panjang ( lebih dari 1 minggu sesudah rumput tumbuh ) sesekali letakkan boneka tersebut di udara luar yang terkena sinar matahari. Jika berlumut karena kondisi lembab bisa dibersihkan dengan sikat.

Manfaat Boneka Horta
       Boneka Rumput Horta / horta = hortikultura adalah sebuah media tanam yang dikemas dalam bentuk boneka. Boneka ini dibuat untuk mengenalkan anak-anak ke dunia pertanian secara instan. Selain itu anak-anak dapat belajar mengamati pertumbuhan tanaman sambil bermain. Boneka ini juga bertujuan untuk mengenalkan cara menanam hidroponik atau menanam menggunakan media lain selain dari tanah. Boneka Rumput Horta ini bisa menjadi alternatif mainan baru yang edukatif, kreatif dan imajinatif. Manfaat lain nya seperti :
- Mengajarkan kedisiplinan yaitu melalui kedisiplinan dalam menyiram
- Melalui cara menanam tanaman ini anak dapat belajar mengenai cahaya. Sebab tanaman ini harus disimpan ditempat yang teduh pada minggu pertama karena cahaya dapat menghambat perkecambahan.
- Keberadaan boneka ini juga dapat mengajarkan tentang bisnis, karena banyak konsumen boneka horta ini yang memilih untuk menjualnya kembali.
- Bisnis tanaman, termasuk boneka horta saat ini banyak dicari para konsumen. Tingginya sosialisasi masyarakat untuk mencintai lingkungan,
- Guna mengurangi global warming menjadi keuntungan tersendiri bagi usaha ini untuk memasarkan produknya.
- Karena tinggi akan nilai mendidiknya maka banyak instansi sekolah yang menggunakan boneka horta untuk mengajarkan anak – anak untuk mencintai tanaman, dengan media berbagai bentuk boneka yang lucu dapat menarik minat anak- anak untuk bertanam dan mencintai lingkungannya.
- Belum banyaknya yang menjual sehingga peluang pasarnya masih sangat besar.
- Mengurangi pencemaran yang berasal dari limbah industry kayu.
- Mengenalkan cara menanam dan merawat tanaman kepada anak-anak dengan cara yang menarik.
- Meningkatkan rasa tanggung jawab, disiplin, imajinasi serta kreatifitas anak-anak.
- Meningkatkan kepekaan dan kecintaa anak-anak terhadap lingkungan dan alam sekitar.
- Ikut serta dalam upaya mengurangi pengangguran dan peningkatan ekonomi keluarga melalui program pembedayaan masyarakat.
           Kelebihan Boneka Horta
Bisnis tanaman termasuk boneka horta, saat ini banyak dicari para konsumen.tingginya sosialisasi masyarakat untuk mencintai lingkungan, guna mengurangi global warming menjadi keuntungan tersendiri bagi usaha ini untuk memasarkan produknya.

           Kekurangan Boneka Horta
- Banyak masyarakat yang belum mengerti proses perawatan boneka horta, untuk itu sebaiknya berikan panduannya secara lengkap. Karena konsumen yang produknya gagal tumbuh, biasanya akan menyampaikan complain kepada produsen atau si pembuat.
- Meningkatnya minat konsumen akan boneka horta, menciptakan persaingan pasar yang cukup ketat. Sehingga peluang untuk berebut pasar, semakin sempit.

Diatas telah dijabarkan mulai dari apa itu boneka horta, peluang bisnis yang ada, cara            membuat, kelebihan dan kekurangan dari boneka horta. Berikutnya saya akan membahas cara pemasaran boneka ini

             Cara Pemasaran Boneka Horta
- cara yang paling efektif adalah online shop, seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya banyak keuntungan dari online shop ini.
- Promosi dari mulut ke mulut, dari dulu sebelum ada online shop promosi ini yang paling efektif karena tinggal memerlukan biaya hanya dengan memiliki relasi atau teman maupun kerabat yang banyak maka akan lebih luas juga jangkauan promosinya.
- Mengikuti pameran, karena biasanya orang datang ke pameran untuk mencari benda benda unik dan boneka ini termasuk unik. Jadi peluang terjualnya akan besar

            Kesimpulan
Dalam berbisnis buat sesuatu yang baru agar terus dicari oleh konsumen. Selalu pikirkan hal-hal yang tidak terduga, karena konsumen selalu menginginkan sesuatu yang unik maka dari itu di dalam dunia bisnis sangat dibutuhkan inovasi akan suatu hal yang sudah ada. Contohnya seperti boneka horta ini, yang biasanya boneka hanya untuk pajangan namun ini dapat berfungsi untuk yang lainnya juga dan mengandung edukasi yang sangat kuat.





CONTOH BONEKA HORTA :